Senin, 15 Mei 2017

Cara Mengobati Cantengan Dengan Mudah

cara mengobati cantengan
Pekanbaru.tribunnews,com


Cara mengobati cantengan - Siapa diantara kalian yang pernah mengalami cantengan? cantengan sangat mengganggu dan menimbulkan rasa nyeri pada terutama pada jempol jari kaki maupun tangan. Catengan atau paronychia adalah infeksi yang terjadi pada kulit pada daerah sekitar kuku yang biasanya menimbulkan rasa nyeri, kemerahan, bengkak dan bila berlanjut bisa menimbulkan nanah.

Penyebab cantengan


Berikut adalah penyebab timbulnya cantengan yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada jari-jari kuku, diantaranya:


  • Kebiasaan menggigit kuku. Mungkin ada beberapa yang memiliki kebiasaan tersebut, segera hentikan karena menggigit kuku bisa membuat lapisan kulit yang terlindungi kuku rentan terhadap bakteri.



  • Memakai sepatu yang kekecilan. Menggunakan sepatu yang terlalu sempit dapat membuat tekanan kuku terhadap kulit yang menyebabkan luka dan timbul infeksi.



  • Salah memotong kuku. Memotong kuku yang kurang rata khususnya dibagian kanan dan kiri dapat menyebabkan tumbuhnya kuku tidak merata dan menyebabkan infeksi yang berujung pada munculnya cantengan.



  • Mengorek kuku. Bila kuku sering hitam karena kotoran, kebiasaan ada yang mengorek kotoran tersebut. Ternyata mengorek bisa menyabakan infeksi, lebih baik langsung dipotong saja.


Beberapa penyebab cantengan diatas bisa menyebabkan munculnya cantengan  pada jari kaki maupun tangan. Bila cantengan tetap dibiarkan akan menimbulkan nanah dan rasa nyeri yang amat menyiksa.

Baca Juga: Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan


Cara mengobati cantengan


Berbagai cara untuk menyembuhkan cantengan baik secara alami maupun dengan menggunakan obat atau salep. Berikut ini yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi cantengan tersebut:

Rendam dengan air hangat

Hal pertama yang mesti dilakukan jika mengalami cantengan ringan adalah  dengan merendamnya dengan air hangat. Hal ini dilakukan untuk cantengan yang baru terasa, adalah dengan menambahkan air hangat tersebut dengan garam dan rendam selama 15 menit. Cara ini bisa dilakukan selama 2 - 3 kali sehari.

Salep antibiotik

Cara mengobati cantengan secara medis adalah dengan menggunakan salep antibiotik sebagai obat cantengan. Salep merupakan obat luar yang dioleskan pada jempol yang cantengan seperti krim gentamisin dan klindamisin untuk mengobati cantengan ringan.

Cabut kuku

Cantengan terjadi karena adanya kuku yang tumbuh dan menusuk kulit, segera potong kuku yang menusuk tersebut.

Jahe

Jahe sudah dipercaya untuk mengobati cantengan secara alami, caranya adalah campurkan jahe yang telah dihaluskan dengan minyak kelapa dan oleskan pada daerah cantengan dan diperban.

Bawang putih

Bawang putih selain sebagai bumbu dapur juga bisa digunakan untuk mengobati cantengan yakni dengan menumbuk halus bawang putih tersebut dan dicampur dengan minyak kelapa. Oleskan pada daerah yang sakit dan lakukan selama 3 kali sehari.

Dengan drinase dan insisi

Bila cantengan sudah akut dan bernanah, cara mengobati cantengan diatas tidak bisa dilakukan, cara satu-satunya adalah dengan pembedahan atau sayatan kecil (insisi). Dengan cara insisi bertujuan mengeleluarkan nanah dan  mengalirkannya (drainase). Cara ini hanya dilakukan oleh dokter karena bila tidak justru akan membuat infeksi jadi menyebar.

Cantengan yang biasanya muncul pada jari jempol kaki dan tangan, sangat memberikan rasa yang kurang nyaman. Salah satu cara mencegah cantengan muncul kembali yakni dengan melakukan perawatan pada kuku dengan rutin dan jaga kebersihan kuku. Semoga bermanfaat artikel cara mengobati cantengan diatas.



EmoticonEmoticon