Rabu, 08 Februari 2017

Tips Menghemat Baterai Smartphone Android

Cara menghemat baterai android - Sekarang ini, smartphone sudah menjadi barang yang umum dan wajib dimiliki. Dulu ponsel cuma digunakan untuk menelpon dan sms, sekarang sudah berubah dengan banyaknya aplikasi yang terdapat di dalamnya sebagai penunjang kegiatan kita sehari-hari. Untuk itu artikel cara menghemat baterai Android bisa jadi solusi buat kamu.

tips cara menghemat baterai
Tips hemat baterai


Dengan semakin banyaknya aplikasi yang kita sematkan, merubah smartphone seakan-akan menjadi hal wajib. Seiring dengan pertumbuhan teknologi yang mau tidak mau kita harus mengikutinya. Namun banyaknya aplikasi dengan beragam fitur, pasti sebagian besar dari aplikasi tersebut jarang kita sentuh. Aplikasi yang banyak membuat konsumsi baterai smartphone kita jadi boros.

Tips menghemat baterai android


Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menghemat konsumsi baterai dari smartphone Anda.

  1. Mengurangi tingkat pencahayaan (Brightness) pada smartphone.
  2. Matikan GPS
  3. Matikan fitur Vibrate (getar)
  4. Menggunakan wallpaper statis
  5. Gunakan fitur auto lock screen
tips menghemat baterai


1. Kurangi tingkat pencahayaan (Brightness).

Ketika kita membuka smartphone untuk pertama kalinya, biasanya level pencahayaan berada pada tingkat yang maksimal. Sesuaikan tingkat pencahayaan dengan mata kita, atau bila kamu pengguna xiaomi aktifkan mode baca.

2. Matikan GPS.

Fitur GPS adalah alah satu yang terpenting bila kita akan bepergian. Dengan GPS kita bisa tahu letak alamat atau daerah yang mau kita tuju via satelit. Penggunaan GPS tentu memakan daya baterai yang tak sedikit, untuk itu gunakan GPS pada aplikasi yang diingikan seperti Google Maps. Jikalau memang sedang tidak memerlukan, ada baiknya fitur GPS dimatikan untuk menghemat baterai.

3. Matikan fitur vibrate (getar).

Fungsi vibrate biasanya berguna ketika kita sedang ada meeting atau rapat penting, di masjid. Namun satu ha yang mesti Anda ketahui adalah fitur ini memakan daya baterai yang cukup besar. Sebaiknya gunakan fungsi dering namun di setting untuk volume yang paling kecil. Ini lebih hemat dibanding mengaktifkan fitur getar.

4. Menggunakan Wallpaper statis.

Bagi pemilik smartphone Android dan Blackberry pasti memiliki wallpaper yang keren dengan tampilan grafis animasi yang hidup. Bahkan banyak juga yang sudah 3D atau yang biasa disebut dengan life wallpaper. Nah live wallpaper ini juga salah satu penyebab pemakaian baterai jadi besar. Jika tidak perlu sebaiknya gunakan wallpaper statis saja dibanding live wallpaper.

5. Gunakan auto lock screen.

Hampir semua smartphone mempunyai fitur auto lock screen (Kunci layar otomatis). Fungsinya untuk keamanan dan tentu saja lebih menghemat baterai. Layar smartphone yang terkunci ototmatis membuat layar tidak akan aktif jika tersentuh. Layar yang aktif  akan menyedot baterai.

Fitur ini sebaiknya disetting untuk tidak aktif selama sekian detik tanpa aktifitas, sehingga akan menghemat baterai.

Seluruh tips cara menghemat baterai android, Blackberry atau I phone kembali lagi pada perilaku masing-masing individu. Bila Anda adalah pengguna yang aktif maka tips diatas tak akan banyak membantu, solusinya adalah pilih smartphone dengan kapasitas baterai yang besar minimal 4000 mah atau jika tidak ingin keluar badget lebih besar, bisa dengan membeli powerbank (baterai box) untuk cadangan baterai smartphone. -Hasnathan

Advertisement


EmoticonEmoticon