Minggu, 29 Oktober 2017

Catalan Resmi Merdeka

catalan resmi merdeka


Catalan resmi merdeka – Pemungutan suara yang telah berlangsung pada jumat, 27 oktober 2017 telah menetapkan dari 130wakil rakyat catalonia sebanyak 70 memilih untuk merdeka dari spanyol. 10 perwakilan menolak dan hanya 2 yang tidak memilih atau kosong. Sedang para oposisi memilih untuk Walk out dari sidang parlemen.

Berdasarkan hasil dari pemungutan tersebut berarti parlemen di Catalonia memulai langkah awal dalam membentuk negara baru catalonia yang mempunyai derajat yang sama dengan spanyol sebagai sebuah negara yang berdaulat.

Setelah pemungutan suara diparlemen berlangsung, diwarnai dengan riuhnya tepuk tangan di dalam ruang sidang dan diiringi saling berpelukan dan bersalaman. Presiden catalonia mendesak para aktivis kemerdekaan supaya tetap menjaga momentum tersebut dengan cara yang damai.

Hampir sebagian besar rakyat catalonia yang menonton proses pemungutan suara menyambut gembira hasil tersebut dengan cara menari dan berdansa untuk meluapkan kegembiraan mereka atas hasil pemungutan suara tersebut.

Sedangkan dari pemerintah spanyol sendiri menyatakan bahwa hasil parlemen tersebut ilegal dan mengambil langkah tegas dengan membubarkan parlemen Catalonia serta mencopot presiden cat lonia Carles puigdemont dari jabatannya. Pemerintah spanyol juga mengumumkan akan melakukan pemilihan ulang daerah catalonia pada bulan desember nantinya. Pemerintah spanyol memperoleh dukungan kuat dari negara Uni Eropa dan Amerika Serikat terkait merdekanya Catalonia.


EmoticonEmoticon