Sabtu, 06 Januari 2018

Tips Mengatasi Pilek Secara Alami

mengatasi pilek


Tips Mengatasi Pilek Secara Alami – Pilek merupakan salah satu penyakit yang sangat umum dan srring dialami oleh banyak orang. Meskipun penyakit ini tergolong sebagai penyakit ringan, namun jangan salah jika anda terkena pilek maka aktifitas sehari-hari anda akan sangat terganggu. Pasalnya ketika anda terkesan pilek maka badan anda akan terasa lemas, pusing dan susah makan. Pilek sendiri disebabkan oleh virus, dan tergolong sebagai penyakit yang mudah menular karena penyebarannya melalui udara.

Gejala umum pada seseorang yang terkena pilek yaitu bersin-bersin, demam, batuk, sakit kepala dan keluarnya cairan melalui hidung. Pilek sendiri dapat menular dari bersinnya orang yang terkena pilek dan terhirup oleh orang yang ada di sekitarnya. Mengingat penyakit ini disebabkan oleh virus maka untuk pencegahannya sebaiknya untuk penderita dianjurkan memakai masker. Selain itu terdapat beberapa cara alami yang dapat mengatasi pilek secara efektif, berikut ini informasinya Tips Mengatasi Pilek Secara Alami :

Tips Mengatasi Pilek Secara Alami


1. Berkumur menggunakan air bersih

Salah satu cara alami dan sangat efektif untuk mengatasi pilek atau flu yaitu dengan berkumur menggunakan air bersih. Jika anda tengah terserang pilek saat ini, cobalah untuk sesering mungkin berkumur dengan menggunakan air bersih, berkumur berfungsi untuk membantu mengeluarkan lendir yang dari jaringan sinus yang terhubung ke bagian ternggorokan.

2. Olahraga

Kebanyakan orang saat terkena flu atau pilek justru memilih untuk berada di dalam rumah dan tidak melakukan aktifitas. Namun sebuah penelitian menunjukan bahwa dengan kita beraktifitas dan berolahraga maka akan mengurangi infeksi yang di sebabkan oleh virus penyebab pilek. Namun dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan saja, karena tubuh juga perlu istirahat yang cukup, olahraga seperti berjalan kaki atau jogging selama 15 hingga 20 menit sangat baik untuk dilakukan ketika anda mengalami pilek.

3. Mengkonsumsi Teh Hangat

Minuman hangat seperti teh hangat memang tebukti sangat baik untuk dikonsumsi pada saat anda mengalami flu, karena ketika anda menghirup uap panas dari teh hangat maka saluran pernafasan anda akan lebih lancar. Selain itu dengan minum teh hangat juga bermanfaat untuk mengencerkan dahak pada tenggoran sehingga mudah untuk di keluarkan, dan tubuh pun akan menjadi lebih hangat.

3. Berhenti Merokok

Jika anda adalah seorang perokok dan tengah terkena pilek, mungkin ada baiknya agar anda berhenti merokok dulu. Hal ini dikarenakan asap rokok berdampak sangat buruk pada penderita flu baik pada perokok aktif maupun perokok pasif, hal ini dikarenakan kandungan nikotin akan mengganggu fungsi serat rambut kecil pada hidung.

4. Mencuci Tangan

Tangan merupakan salah satu media yang dapat menularkan dan menyebarkan virus maupun bakteri tak terkecuali virus flu atau pilek, oleh karena itu ada baiknya jika anda sering mencuci tangan sebelum makan, atau setelah keluar kamar mandi untuk mencegah virus dan bakteri tersebut terdapat di tangan anda dan menular pada orang lain di sekitar anda.

5. Makan Sup atau Kaldu Ayam

Makanan-makanan hangat dan berkuah merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi jika anda tengah mengalami pilek. Karena kuah hangat dari makanan seperti sup atau kaldu ayam akan memberikan sensai hangat pada tubuh, dan membantu mengencerkan dahak serta meringankan pilek. Terlebih lagi jika anda mencampurkan sup atau kaldu ayam tersebut dengan berbagai sayuran yang kaya akan vitamin.

6. Tidur Yang Cukup

Tidur merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan oleh setiap orang karena dengan tidur maka tubuh akan berisitrahat dan menjadi segar pada saat bangun nantinya. Oleh karena itu jika anda mengalami pilek, usahakan untuk tidur yang cukup minimalis 6-8 jam per hari.


Demikianlah informasi tentang Tips Mengatasi Pilek Secara Alami yang dapat kami berikan untuk anda pada kesempatan kali ini, semoga informasi dari kami tadi berguna dan bermanfaat untuk anda. Masih banyak informasi seputar medis dan kesehatan lainnya yang dapat anda simak disini. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel dari kami disini.



EmoticonEmoticon