Sabtu, 06 Januari 2018

Dampak Buruk Terlalu Lama Menonton Televisi Bagi Kesehatan

dampak buruk terlalu lama menonton televisi



Dampak Buruk Terlalu Lama Menontong Televisi Bagi Kesehatan – Televisi atau yang biasa di sebut TV, memang menjadi salah satu media elektronik yang sering kali di tonton oleh hampir seluruh orang. Kebanyakan orang menonton tv untuk melepas penat setelah seharian beraktifitas atau hanya sekedar mencari hiburan saja, namun seiring perkembangan zaman hampir setiap saat orang selalu menonton tv bahkan ada yang sampai menonton dalam jangka waktu yang sangat lama yakni sekitar 5 jam bahkan bisa lebih.

Terlebih lagi jika ada acara yang bagus di tv, pastinya banyak orang rela untuk begadang semalaman hanya untuk menonton acara tersebut. Namun tahukah anda bahwa terlalu lama menonton tv dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan? Yang paling umum adalah gangguan pada penglihatan.

Hal ini di sebabkan karena tv memancarkan cahaya yang terang, terlebih laagi jika kita melihatnya dengan jarak yang terlalu dekat dan dalam jangka waktu yang lama. Sebuah penelitian di skotlandia menemukan bahwa setidaknya setiap orang menghabiskan waktu sekitar 4 jam bahkan lebih dalam sehari hanya untuk menonton tv. Dan hal ini berpotensi menyebabkan gangguan jantung bahkan kematian dini.

Selain itu tv juga berdampak kurang baik bagi anak-anak karena akan membuat mereka menjadi malas untuk beraktifitas di luar ruangan atau berolahraga, sehingga akan berpengaruh pada kesehatan mereka. Untuk anda yang belum mengetahui dampak buruk apa saja yang dapat di timbulkan dari menonton tv terlalu lama, berikut ini anda dapat simak Dampak Buruk Terlalu Lama Menontong Televisi Bagi Kesehatan :

Dampak Buruk Terlalu Lama Menontong Televisi Bagi Kesehatan


1. Meningkatkan resiko penyakit jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu dampak buruk akibat terlalu lama menonton tv, karena kebanyakan orang yang menghabiskan 4 jam atau lebih dalam sehari untuk menonton tv maka dia akan jarang menggerakan tubuhnya dan hanya duduk-duduk santai saja di rumah, hal ini akan membuat tubuh jarang bergerak dalam jangka waktu lama akan menyebabkan penyakit jantung.

2. Jam tidur tidak teratur

Sering kali seseorang sampai begadang demi menonton acara favorit di tv, hal ini menyebabkan jam tidur menjadi tidak teratur dan cenderung kekurangan waktu tidur. Tentu saja hal ini akan berakibat pada menurunnya kesehatan tubuh seperti tubuh menjadi lemas, mata merah dan mudah merasakan lelah.

3. Meningkatkan resiko diabetes

Sebuah studi di amerika mengungkapkan bahwa dengan menonton tv lebih dari 2 jam sehari mampu meningkatkan resiko penyakit diabetes hingga 14%. Oleh karena itu di anjurkan untuk membatasi menonton tv, mungkin cukup menonton tv selama 1 jam saja sehari hanya sebagai hiburan.

4. Menyebabkan obesitas atau kegemukan

Obesitas atau kegemukan memang diketahui dapat menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit kronis. Karena pada saat menonton tv maka tubuh kita akan jarang bergerak dan biasanya kita akan mengemil atau memakan makanan kecil/snack, hal inilah yang dapat memicu terjadinya obesitas atau kegemukan.

5. Meningkatnya resiko serangan asma

Terlalu lama menonton tv juga beresiko menyebabkan penyakit asma, berdasarkan penelitian di inggris, bahwa anak-anak dalam rentan usia bayi hingga 11 tahun memiliki resiko terkena penyakit asma dua kali lipat pada saat mereka menonton tv dengan durasi sekitar 2 jam atau lebih.

6. Menurunkan daya penglihatan

Mungkin hal ini sudah bukan menjadi rahasia lagi, jika terlalu lama menonton tv dapat menurunkan daya penglihatan dan kesehatan mata. Karena mata di paksa untuk selalu fokus pada objek di tv dalam jangka waktu yang lama, terlebih lagi jika kita melihat tv dengan jarak yang terlalu dekat, hal ini berpotensi menyebabkan mata minus.

Demikianlah pembahasan tentang Dampak Buruk Terlalu Lama Menontong Televisi Bagi Kesehatan yang dapat kami berikan untuk anda, semoga bermanfaat dan bisa berguna untuk anda. Masih banyak pembahasan seputar informasi kesehatan lainnya yang akan kami bahas disini, dan sayang sekali jika anda lewatkan. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel dari kami disini.



EmoticonEmoticon