Sabtu, 04 Maret 2017

Buah Kawista dan Sejuta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Buah kawista batu adalah sejenis buah maja yag masih kerabat dengan tanaman jeruk. Buah kawista batu (Limonia acidissima) biasa juga dikenal dengan nama java cola, buah kawista aslinya berasal dari india bagian selatan.

manfaat buah kawista
Gambar buah kawista


Tanaman kawista banyak ditemui diberbagai daerah seperti aceh ( dinamakna buah batok), jawa ( disebut kawis), dan nusa tenggara barat (menyebutnya buah kawi). Buahnya berwarna cokelat dan berbau harum ketika matang.

Tinggi pohon buah kawista bisa mencapai 3 meter, dan mulai berbuah diusia 3 -5 tahun. Sekarang buah kawista sudah mulai dikembangkan diantarnanya sebagai batang bawah dari buah jeruk yang menggunakan tehnik sambung pucuk. Buah yang dihasilkan bernama "kajer" yakni kawista dan jeruk, banyak ditemui di daerah madura (galis).

Manfaat buah kawista bagi kesehatan

Selain memiliki rasa yang enak dan aromanya yang khas, kawista mempunyai khasiat untuk kesehatan di antaranya:
  1. Meredakan demam.
  2. Mengatasi haid yang tidak teratur.
  3. Buah untuk menyembuhkan diare dan disentri.
  4. Mengatasi perut mual, sakit perut dan akibat gigitan serangga.
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  6. Sebagai penambah energi.
  7. Obat batuk alami.
  8. Memulihkan stamina.
  9. Menjaga kesehatan hati.
  10. Memperlancar pencernaan.
  11. Anti inflamasi.
  12. Sebagai penawar racun.
  13. Obat asam urat.
  14. Mengobati gatal-gatal.

Manfaat buah kawista untuk ibu hamil


  1. Sebagai sumber zat besi.
  2. Menekan tekanan darah.
  3. Mengatasi morning sickness.

Cara mengolah buah kawista


Untuk menikmati buah kawista bisa dengan cara dimakan secara langsung yakni dengan cara dibanting dan diambil isi buahnya dengan sendok lalu ditambah dengan gula. Supaya lebih enak ditambah dengan es batu.

Karena memiliki rasa yang enak, sekarang buah kawista telah diolah menjadi sirup. Sirup buah kawista ini bisa kamu temukan di daerah kabupaten rembang jawa tengah dan merupakan oleh-oleh khas rembang.

Sirup kawista terkenal dengan sebutan COLA VAN JAVA atau buah kola karena ketika dituang ke dalam gelas akan tampak gelembung seperti minumaan bersoda. Dan sirup ini telah banyak diekspor ke berbagai negara seperti Amerika, Jepang dan Finlandia.

Selain sirup, muncul juga produk olahan lainnya yaitu madu mongso yakni perpaduan antara sirup kawista dengan tape ketan, santan dan juga gula merah.

Bonsai kawista batu

tanaman bonsai kawista


Untuk kamu yang memiliki hobi bonsai, tanaman kawista ini bisa juga dibuat bonsai. Kawista batu merupakan bakalan bonsai yang mempunyai bentuk yang indah. Memiliki daun yang kecil, dengan batang poho seperti pohon asam yang terkesan seperti pohon yang sudah berumur tua. dan memiliki duri yang menambah keindahanya.


Demikian penjelasan mengenai buah kawista serta manfaat buah kawista untuk kesehatan dan berbagai cara pengolahan dan kegunaannya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita akan pohon buah kawista. -Hasnathan


EmoticonEmoticon