Senin, 07 Agustus 2017

Daftar makanan Yang Harus Dihindari Penderita TBC

makanan yang harus dihindari penderita tbc



Daftar makanan Yang Harus Dihindari Penderita TBC - Tuberkulosis adalah penyakit mematikan dan menular yang menjangkit jutaan orang setiap tahunnya. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis yang menyerang tubuh dan menginfeksi kelenjar getah bening dan berbagai organ tubuh lainnya.

Tuberkulosis dapat menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa dan juga menyebabkan kematian jika tidak diobati dan didiagnosis pada waktu yang tepat. Tuberkulosis dapat menjangkiti orang dengan kekebalan tubuh (imunitas) yang rendah.

Dari semua orang yang terjangkit bakteri, hanya 15% yang menderita penyakit TBC dan sisanya mampu melawan bakteri secara alami dan mengeluarkan infeksi. Oleh karena itu munculnya penyakit TBC tergantung pada kekebalan seseorang yang akan memutuskan apakah ia terkena tuberkulosis atau tidak.

Sementara tidak banyak hal yang harus kita lakukan selain melakukan pencegahan dengan meningkatkan kekebalan tubuh sebelum TBC menyerang.
.
Ikuti metode pengobatan TBC dan memfasilitasi penyembuhan penyakit dengan lebih cepat melalui respon sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Semua pasien TB harus mengikuti diet terbatas yang tidak boleh mengandung makanan tertentu.

Adapun makanan yang harus dihindari penderita TBC antara lain:


Gula halus


Gula yang dimurnikan dapat mendorong tindakan bakteri dan karenanya harus benar-benar dihindari jika Anda tidak ingin memiliki penyakit mematikan seperti tuberkulosis. Anda harus memotong asupan gula putih, roti putih, pai, sereal olahan, puding dan aneka jenis permen. Menghindari makanan ini akan membantu dalam meningkatkan khasiat dan mengurangi waktu pengobatan dan juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan penyakit TBC secara efektif.


Makanan yang mengandung sodium


Sodium sangat berbahaya bagi orang dengan hipertensi dan mereka yang memiliki masalah terhadap kekebalan tubuh. Pasien tuberkulosis juga harus menghindari konsumsi sodium. Acar, bumbu dan makanan olahan mengandung sodium dalam jumlah besar dan harus dihindari bila Anda menderita tuberkulosis.

Hindari berbagai jenis saus


Meski saus membuat makanan jadi lebih lezat, saus tidak baik bila terlalu sering dikonsumsi. Saus mengandung gula dan sodium yang berlebih yang keduanya memiliki efek buruk bagi pasien yang menderita tuberkulosis. Karena itu, hindari saus secara keseluruhan saat Anda masih dalam perawatan penyakit tuberkulosis.


Teh


Sama seperti teh, kopi juga merupakan stimulan dan harus dihindari sama sekali bila Anda menderita penyakit tuberkulosis. Kopi dan teh keduanya mempunyai kandungan kafein yang tinggi sehingga meningkatkan pertumbuhan bakteri. Semua produk berkafein harus dihindari selama masa pengobatan dan tunggu hingga penyakit ini benar-benar sembuh.

Dengan kita menghindari jenis jenis makanan yang harus dihindari penderita TB akan membuat proses pengobatan berlangsung efektif. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini.


EmoticonEmoticon